Selamat Bertugas Pengawas Baru di SMA Santu Petrus

Keberadaan pengawas sekolah merupakan unsur penting dalam mendukung perkembangan suatu sekolah. Pengawas sekolah adalah orang yang melakukan pengamatan langsung pada lembaga tempat kegiatan belajar berlangsung dan merupakan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota. Tugas pokok Pengawas Sekolah yaitu melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang diantaranya meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, dan pemantauan pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan

Selama periode 2015-2016/2018-2019 SMA Santu Petrus berada di bawah pembinaan bapak Hasyimi, S.Pd., M.Si. selaku pengawas sekolah. Namun pada tanggal 7 Januari 2019 telah dilakukan pertukaran pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar sehingga saat ini SMA Santu Petrus bearada di bawah pembinaan pengawas baru yaitu bapak Drs. Yosef Alim. Ada tiga sekolah di Pontianak yang berada di bawah binaan bapak Yosef Alim yaitu SMA Santo paulus, SMA YPK, dan SMA Santu Petrus. Dalam sambutannya pada acara perkenalan pengawas baru di kantor SMA Santu Petrus pada hari Jumat, 15 Februari 2019, bapak Yosef Alim memperkenalkan diri secara langsung dan menjelaskan perannya sebagai pengawas sekolah. “Hari ini saya berkenalan langsung dengan bapak ibu guru keluarga besar SMA Santu Petrus. Saya mengetuk pintu untuk masuk ke sekolah ini dan mohon ijin untuk menjadi bagian dari keluarga SMA Santu Petrus. Berikutnya ketika saya datang ke sekolah ini, janganlah menganggap saya sebagai orang asing tetapi anggaplah saya juga sebagai anggota keluarga sekolah ini.” Demikian sepenggal sambutan bapak Yosef Alim.

Yosef Alim berasal dari desa Sungai Lawak, Sekadau. Beliau mengawali pendidikan di SD Slamet Riyadi desa Sungai Lawak, Sekadau, pada tahun 1972. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Santo Gabriel Sekadau lalu ke SPG Santo Paulus Sekadau. Pada tahun 1979 beliau menjadi guru di SD Inpres 6. Pada akhir tahun 1980 bapak Yosef Alim mendapat tawaran beasiswa dari Konferensi Wali Gereja (KWI) untuk kuliah. Maka pada tahun 1981-1986 beliau menjalani kuliah di IKIP Sanata Dharma Yogyakarta. Pada tanggal 1 Maret 1989 bapak Yosef Alim diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selama bertugas beliau pernah menjadi kepala sekolah dan selanjutnya menjadi pengawas sekolah.

Sebagai pengawas sekolah yang baru, bapak Yosef Alim memaparkan sekilas tentang program kerjanya selama beberapa bulan yaitu mulai Januari hingga Juni 2019 yang meliputi pembimbingan pembuatan silabus dan RPP guru, supervisi administrasi guru, penyusunan perangkat pembelajaran (prota, prosem, silabus, RPP, dan penetapan KKM), monitoring pelaksanaan ujian nasional, supervisi kelas, dan supervisi kepala sekolah. Semoga kehadiran pengawas baru ini dapat lebih mendukung perkembangan di SMA Santu Petrus.

(*Fransiska Rihardini)