Menyambut dengan Kasih

Sebagai salah satu institusi pendidikan di kota Pontianak, persekolahan Kunzhong yang berada di bawah asuhan Yayasan Pendidikan Kalimantan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Terlepas dari daya saing antar institusi pendidikan, Persekolahan Kunzhong yang terdiri dari PG-TK Karya Yosef dan Santa Maria, SDK Karya Yosef, SMP Santu Petrus, SMK Santa Maria dan SMA Santu Petrus dari hari ke hari selalu menambah nilai plus di setiap pelayanannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap institusi pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, berusaha menampilkan keunggulan sekolahnya. Salah satu nilai plus yang ada di Persekolahan Kunzhong adalah “Menyambut dengan Kasih”. Apa maksudnya?

Sekolah merupakan rumah kedua bagi para siswa setelah rumah kediaman bersama keluarga. Setiap keluarga di rumah pasti akan membuat suasana rumahnya menjadi senyaman mungkin supaya penghuninya merasa betah berada di dalamnya. Prinsip dalam keluarga ini dipadukan dengan keutamaan ajaran bapak pendiri Kongregasi Murid-murid Tuhan yaitu “Caritas” atau Kasih kemudian diaplikasikan dalam tindakan yang telah membudaya di lingkungan Persekolahan Kunzhong ketika menyambut kedatangan siswa ke sekolah dengan kasih. Berbekal semangat kasih inilah, para guru dengan setia menanti kedatangan siswa di dekat pintu gerbang sekolah dan menyambutnya dengan cara menyapa, tersenyum dan menjabat tangannya penuh kehangatan dengan harapan mereka merasa nyaman di lingkungan sekolah dan dapat belajar dengan baik.

Para guru menyambut siswa dengan kasih secara bergiliran setiap harinya, mulai dari Unit SD, SMP, SMA, serta Staf Yayasan Pendidikan Kalimantan. Segenap civitas pendidik di lingkungan Persekolahan Kunzhong terlibat, tanpa terkecuali. Mengawali hari dengan kasih dan harapan akan menghasilkan generasi penuh cinta kasih sehingga dunia damai karena setiap orang saling memberikan kasihnya di setiap tindakan, demikianlah harapan budaya “menyambut dengan kasih” di Persekolahan Kunzhong.

(*John Aryo)