KEGIATAN FAMILY BUILDING

TK-B KARYA YOSEF-SANTA MARIA

Minggu pagi yang cerah.

Anak-anak bersama orang tua dan saudara-saudaranya berkumpul di halaman TK Karya Yosef dan PG-TK Santa Maria untuk mengikuti kegiatan Family Building di Rumah Retret Costantini Sui Ambawang.

Kegiatan Family Building merupakan program tahunan TK Karya Yosef dan Playgroup - TK Santa Maria yang dikhususkan untuk kelompok B (usia 5-6 tahun) bersama orang tua dan anggota keluarga dari peserta didik. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 dan selalu dinantikan oleh anak-anak setiap tahunnya. Bentuk kegiatan dari tahun ke tahun selalu berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan, kekayaan hasil alam serta saran dan masukan dari orang tua. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu agar orang tua bersama anggota keluarga lainnya mempunyai kesempatan dan waktu untuk hadir dan terlibat langsung dalam setiap acara yang sudah disiapkan guru bersama tim pembina rumah retret Costantini Sui Ambawang.

Tujuan dari kegiatan Family Building ini adalah:

  1. Menambah wawasan orang tua tentang “Peran dan tanggung jawab dalam mendidik anak.”
  2. Menambah wawasan anak secara langsung melalui kegiatan di alam terbuka.
  3. Menjalin kerjasama antara guru, orang tua, dan anak secara berkesinambungan.
  4. Mempererat hubungan persaudaraan antara guru, orang tua, dan anak didik.
  5. Menanamkan pendidikan fisik, intelektual, emosi, sosial dan rohani secara terpadu.

Orang tua menceritakan bahwa anak-anak sangat antusias dan tidak sabar untuk mengikuti kegiatan Family Building ini, sehingga mereka sudah bangun dari jam 04.00 WIB bahkan ada yang lebih pagi lagi untuk mempersiapkan diri dan berkumpul di sekolah untuk naik bis bersama ke Rumah Retret Costantini.

Pada tahun 2019 kegiatan Family Building di mulai dari TK Karya Yosef Kelompok B1 tanggal 20 Januari 2019, B3 tanggal 24 Februari 2019, B2 tanggal 3 Maret 2019 dan kelompok B TK Santa Maria pada tanggal 10 Maret 2019.

Anak-anak berkumpul di halaman, berbaris dengan rapi kemudian doa bersama setelah itu anak-anak mulai naik ke bis Yayasan Pendidikan Kalimantan. Sebagian orang tua dan saudara dari peserta didik ikut berangkat dengan bis dan sebagian besar orang tua membawa kendaraan pribadi.

Perjalanan dari Pontianak ke rumah retret Costantini Sui Ambawang kurang lebih 45 menit. Sesampainya di rumah retret, semua peserta disambut dengan welcome drink, setelah itu peserta berkumpul di aula, bernyanyi dan berdoa untuk mengawali kegiatan pada hari itu.

Untuk Kelompok B1 dan B3 Karya Yosef, orang tua bersama anak melakukan kegiatan jelajah alam sambil memanen buah-buahan dan sayur-sayuran yang tumbuh di sekitar rumah retret Costantini. Anak-anak dan orangtua sangat senang dan bersemangat memanen buah manggis, rambutan, cempedak, jambu biji putih, jambu biji merah, buah rambai, langsat, nanas dan belimbing serta daun ubi. Kemudian buah-buahan tersebut dikumpulkan di area foto ekspress untuk makan bersama semua peserta setelah sesi foto ekspress. Untuk Kelompok B2 Karya Yosef dan B Santa Maria musim buah telah berakhir, anak-anak bersama orangtua senam pagi bersama dilanjutkan dengan kegiatan jelajah alam oleh anak-anak yang dibagi dalam 2 kelompok bersama guru dan tim pembina sedangkan orangtua bermain jepit bola dan mengisi air dalam ember setelah Permainan Foto Ekspress dan foto bersama. Orangtua diajak untuk memaknai setiap permainan yang telah dilakukan dan mengaplikasikan dalam kehidupan keluarga khususnya dalam membimbing, mendampingi dan mendukung perkembangan anak.

Setelah kegiatan pemaknaan dari orangtua yang dipandu oleh guru bersama kepala taman kanak-kanak Ibu Maria Mui Lie, S.E., M.Pd dan psikolog Yayasan Pendidikan Kalimantan Bapak Drs. Beatus Inno merep. Lic.Psy, orang tua dan anak berkumpul dan bermain bersama dalam permainan jembatan dora (tim biru) dan permainan rakit (tim pink). Setelah masing-masing tim menyelesaikan permaianan di tempatnya, peserta bertukar permainan sehingga semua peserta dapat menikmati semua permainan yang sudah disiapkan.

Tampak wajah-wajah yang kemerahan karena cuaca namun gembira dan bahagia menikmati setiap permainan bahkan mau bermain lagi dan lagi. Anak dan orang tua kembali ditantang dengan permainan tarik tambang. Tim biru dan tim pink anak saling berhadapan, orang tua antusias memberi semangat. Setelah itu tim biru dan tim pink orang tua saling berhadapan, anak-anak juga sangat antusias memberi semangat agar orangtuanya dapat memenangkan permainan sehingga orangtua semakin bersemangat saat menarik tali tambang. Setiap kali selesai permainan anak-anak dan orangtua bersorak gembira. Indahnya kebersamaan dan sukacita dalam permainan.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB, selesai permaiana tarik tambang, semua peserta diajak doa makan bersama, cuci tangan dan makan siang menyantap hidangan yang sudah disiapkan oleh tim dapur rumah retret Costantini dilengkapi dengan buah, teh es dan air putih.

Setelah makan, peserta dapat beristirahat, mandi dan menikmati suasanan yang ada di rumah retret. Jam 13.30 WIB semua berkumpul kembali di aula untuk kegiatan pemaknaan dan evaluasi dari orang tua baik lisan maupun tertulis dan anak-anak menceritakan serta mengungkapkan perasaannya setelah bermain bersama. Pada pukul 14.30 WIB acara Family Building ditutup dengan doa penutup dan Sayonara. Ada yang pulang menggunakan mobil pribadi dan ada yang ikut bis sekolah.

Maria Mui Lie

Jelajah alam adalah salah satu kegiatan yang di adakan di Rumah Retret Costantini Ambawang, dimana anak dan orang tua dapat memetik atau memanen buah bersama.

Ini adalah hasil petikan kami… Ada manggis, rambutan dan masih banyak lagi.. seru lohhh

Nama permainan ini adalah jembatan dora. Dimana, anak dan orang tua harus melewati beberapa rintangan, seperti jembatan ini. Seru loh, karena anak-anak diajarkan untuk lebih berani.

Tarik tambang adalah permainan yang tidak kalah seru loh, disini anak dan orang tua juga harus ikut bermain. Tentu nya dalam permainan ini harus ada kerjasama dan permainan tarik tambang juga bisa melatih otot kita, biar lebih kuat.

Ini adalah permainan rakit. Di permainan rakit ini, anak harus mengambil bola sebanyak-banyak nya. Setelah itu, anak harus memecahkan balon yang sudah di isi air dibantu oleh orang tua dengan cara digendong, dan mendayung lagi dengan cepat untuk mengambil hadiah yang telah disediakan. Di permainan rakit anak dan orang tua harus bekerjasama agar mendapat hasil yang baik.

Lihat, ini adalah moment waktu memecahakan balon. Anak-anak digendong oleh orang tua mereka, dan anak-anak sangat berani memecahkan balon nya.

Foto Express, permainan berfoto bersama dengan cara yang unik. Dimana, anak dan orang tua hanya di beri waktu 10 detik untuk mengambil properti yang sudah di siapkan dan berlari menuju tempat foto yang sudah di sediakan. Dalam permainan foto express anak dan orang tua harus bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik agar dapat siap berfoto dalam waktu 10 detik.